Selasa, 04 November 2008

PEMBEKALAN CALEG PMB

PMB Gelar Pembekalan 300 Caleg

Partai Matahari Bangsa (PMB) melakukan pembekalan pada 300 lebih calon legislatif (Caleg) di DPR RI, DPRD I dan DPRD II, Jumat (31/10), di Asrama Haji Sukolilo. Para Caleg tersebut bakal berebut kursi di pemilihan legislatif (Pileg) 2009 mendatang.

M MUFTI MUBAROK Ketua Pengurus Wilayah PMB Jawa Timur pada suarasurabaya.net, mengatakan, pembekalan Caleg berupa penguatan ideologi, strategi branding, penghitungan suara dan penguatan daerah pemilihan serta simulasi perolehan suara.

Pembekalan pada Caleg PMB ini menjadi modal pemanasan mesin politik PMB melalui saya-sayap partai dengan membentuk Perempuan Matahari Bangsa, Pandu Matahari Bangsa dan Brigade Matahari Bangsa. Selain itu, dilakukan Baiat Deklarasi Anti Korupsi serta kontrak politik antara partai dan Caleg.

Berdasarkan hasil rapat pembekalan Caleg DPR RI pada 27 Oktober di Jakarta, kata MUFTI, PMB menerapkan prinsip penggajian oleh partai terhadap Caleg terpilih. Untuk gaji DPR RI dipotong 50%, DPRD I dipotong 40% dan DPRD II dipotong 30%.

“Prinsip penggajian oleh partai ini ditujukan agar partai berkembang semakin besar dan mampu mengontrol anggota dewannya supaya tidak korupsi. Juga untuk membesarkan kompensasi Caleg yang tidak jadi dan konpensasi terhadap konstituen (pemilih),”ujarnya.

Sedangkan mengenai pergantian antar waktu (PAW), tambah MUFTI, jika Caleg dengan nomor berapapun mampu memperoleh 15% BPP (Bilangan Pembagi Pemilih), akan terjadi PAW. Sebaliknya, jika tidak memperoleh 15% BPP, tidak ada PAW.

“Hal itu sudah ditegaskan dalam PP PMB Nomor 636/P.1/1429 pada 28 Agustus 2008 tentang aturan PAW. PAW merupakan wujud penghargaan pada Caleg yang mampu memperoleh suara terbanyak,”pungkas MUFTI. (tin)

Tidak ada komentar: